Sosialisasi Dengan Orang Tua Siswa di Bengkulu


Sosialisasi Dengan Orang Tua Siswa di Bengkulu

1. Latar Belakang
    Di era globalisasi sekarang ini, berkurangnya ketersediaan lapangan pekerjaan dapat diakibatkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah jumlah pelamar kerja yang semakin meningkat setiap tahunnya tetapi tidak sebanding dengan lapangan kerja yang tersedia di Indonesia. Hal tersebut membuat sebagian calon pekerja ingin beralih untuk berkarir di luar negeri mencari peruntungannya, salah satunya yang paling banyak diminati adalah Jepang. Bukan tanpa sebab, hal ini dikarenakan Jepang dari tahun-ketahun masih membutuhkan pekerja asing untuk mengisi kekurangan tenaga kerja di Jepang. Selain itu banyaknya peminat yang ingin bekerja di negeri sakura ini dikarenakan adanya peluang besar untuk sukses di usia muda mengingat pemagangan ke Jepang ini akan mendapatkan upah yang cukup besar, lalu para pemagang juga dapat merasakan hidup dengan suasana baru di negara dengan empat musim yaitu musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin serta diberikan fasilitas perusahaan yang sangat baik. Ditambah dengan adanya pengalaman kerja di luar negeri yang akan menunjang karir kedepannya dan juga setelah menyelesaikan pemagangan ini pemagang berpeluang besar untuk memiliki bisnis atau usaha dengan besarnya upah yang didapat saat kembali ke negara asal.
    Penguasaan bahasa asing sangat menunjang untuk terciptanya tenaga kerja yang professional, salah satunya Bahasa Jepang yang saat ini banyak diminati oleh tenaga kerja Indonesia yang ingin berkarir di Jepang.  Kecakapan berbahasa kiranya menjadi modal dasar untuk menjalani program pemagangan ini. Oleh karena itu, sudah menjadi keharusan bagi para calon tenaga kerja untuk menguasai bahasa yang akan digunakan nanti di negara tempat mereka bekerja dengan mengikuti pendidikan atau pelatihan skill terlebih dahulu. Selain itu, calon tenaga kerja perlu untuk menjalani praktik kerja secara langsung tidak hanya tentang materi tentunya harus dibekali dengan skill yang mumpuni dan juga terampil di bidang pekerjaan yang akan dijalaninya.
    LPK Yayasan Sundagaiya adalah sebuah LPK (Lembaga Pelatihan Kerja) Bahasa dan Budaya Jepang yang merupakan sebuah lembaga pengirim peserta magang ke Jepang atau SO (Sending Organization) yang secara resmi bisa mengirimkan siswa untuk program pemagangan ke Jepang. LPK Yayasan Sundagaiya didirikan pada tahun 2016 di Kota Bandung, Jawa Barat. Kami mempunyai motto “Supporting Manufacture and Human Development”. Dibalik itupun kami sudah bekerjasama dengan berbagai perusahaan di bidang yang beragam sebagai berikut :
  • Konstruksi
  • Peternakan
  • Pertanian / Perkebunan
  • Perikanan
  • Pengelasan
  • Build Cleaning
  • Manufaktur
  • Pengolahan Makanan
  • Dan lain – lain.
    Sehubungan dengan hal tersebut LPK Yayasan Sundagaiya sampai dengan saat ini sudah memberangkatkan lebih dari 500 siswa ke Jepang untuk program pemagangan. Sebagian dari itu pula seperti yang sudah kita ketahui, banyak diantaranya yang berasal dari Bengkulu. Banyaknya siswa yang telah terdaftar dan juga berminat untuk menjadi bagian dari LPK Yayasan Sundagaiya dari Bengkulu karena melihat teman seperjuangannya yang sudah berada di Jepang, maka dari itu kami bermaksud untuk mengadakan sosialisasi mengenai bagaimanakah tahap dan proses pemagangan ke Jepang yang harus dilalui oleh siswa dan juga hal yang harus dipersiapkan oleh orang tua siswa, disamping itu pula, kegiatan ini juga diselenggarakan dengan maksud mempererat tali silaturahmi dengan para orang tua siswa yang sudah magang di Jepang. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai peran dan tanggung jawab dari siswa maupun orang tua siswa magang yang sudah berada di Jepang.
    Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi bagi para siswa yang masih menentukan arah karir di masa depan dan juga dapat memberikan informasi bagi para siswa maupun orang tua siswa mengenai tahap dan proses pemagangan ke Jepang yang diharapkan akan memberikan gambaran (insight) peluang karir bagi siswa di masa depan. 

2. Maksud dan Tujuan
  • Mempererat tali silaturahmi antara LPK Yayasan Sundagaiya dengan para orang tua siswa magang yang sudah berada di Jepang.
  • Memberikan informasi secara menyeluruh mengenai tahapan dan proses pemagangan ke Jepang.
  • Memperkenalkan LPK Yayasan Sundagaiya secara lebih mendalam kepada para peminat yang akan mendaftar.

3. Waktu dan Kunjungan
Tanggal Pelaksanaan : Kamis, 6 Juni 2024
Waktu Pelaksanaan : 10:00 WIB s.d selesai
Tempat Pelaksanaan : AULA KANTOR PEMERINTAH KABUPATEN SELUMA KECAMATAN TALO 
(Jl. Simpang Tiga Pagar Gasing, Masmambang  
No. 03, Kec. Talo, Kab. Seluma, Bengkulu, 38754)

4. Pihak yang datang
Pembina LPK Yayasan Sundagaiya : Bpk. Tohari
Ketua LPK Yayasan Sundagaiya : Bpk. Aldi Rahdian
Sekretaris LPK Yayasan Sundagaiya : Bpk. Hardiana Mukhsin, S.Li.

LPK Yayasan Sundagaiya Program Pemagangan Jepang